Dosen STT-NF Adakan Pemberdayaan UMKM Sinergia Tapos Kota Depok

Logo Kemdikbudristek dan STTNF

Sejak Juni hingga Desember 2024, tiga dosen dan dua mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Terpadi Nurul Fikri (STT-NF), Rusmanto, Davied Wahyu Wismanindra, dan Ahmad Rio Adriansyah mengadakan kegiatan pemberdayaan UMKM Sinergia Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, dengan menyediakan web direktori untuk pemasaran produk UMKM. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyakarat itu mendapatkan dana hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini, Rusmanto, menyebutkan bahwa web direktori dibuat untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan data anggota UMKM Sinergia dan mempromosikan produk UMKM secara online melalui web dengan alamat https://umkmsinergia.com. “Pengisian konten web direktori berupa profil usaha dan produk UMKM dapat dilakukan sendiri oleh pemilik usaha yang menjadi anggota komunitas UMKM Sinergia Tapos setelah mengikuti pelatihan,” kata Rusmanto lebih lanjut.

Foto Pelatihan Penggunaan Web Direktori UMKM Sinergia Tapos

Menurut Sekretaris UMKM Sinergia Tapos, Muslimin, web direktori produk UMKM Sinergia telah selesai dibuat oleh Tim STT-NF dan penggunaannya telah diajarkan melalui kegiatan pelatihan kepada 20 pelaku UMKM dari Kecamatan Tapos Kota Depok. “Pelatihan dilaksanakan di kampus A STT-NF, Jl. Situ Indah, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, pada 26 hingga 29 Agustus 2024,” ungkap Muslimin yang juga hadir dalam kegiatan pelatihan.

“Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan STT-NF tidak hanya melibatkan dosen, tetapi juga mahasiswa, yaitu satu mahasiswa program studi Sistem Informasi dan satu mahasiswa program studi Teknik Informatika,” kata Davied Wahyu Wismanindra, anggota Tim Pemberdayaan UMKM Sinergia dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dari STT-NF.

Foto kegiatan evaluasi setelah pelatihan penggunaan web direktori UMKM Sinergia. Searah jarum jam dari kiri: David Wahyu Wismanindra (dosen STT-NF anggota tim), Muslimin (Sekretaris UMKM Sinergia), Rusmanto (dosen STT-NF, ketua tim), dan Ahmad Rio Ardiansyah (dosen STT-NF, anggota tim).

Menurut anggota tim Pengabdian kepada Masyarakat STT-NF itu, Ahmad Rio Ardiansyah, yang juga menjabat Wakil Ketua I bidang Akademik STT-NF, keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama satu semester ini akan dikonversi menjadi enam mata kuliah dengan jumlah 20 SKS, sebagai pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM di kampus STT-NF.

Redaktur

Redaktur

Tinggalkan Balasan