Ide Bisnis Mahasiswa agar Semakin Cuan

Mahasiswa memang dituntut untuk selalu melatih diri menjadi orang yang mandiri dan kreatif. Di tengah pengeluaran yang semakin hari kian membengkak, sudah sepatutnya kita mulai memaksimalkan pengelolaan finansial kita. Selain untuk menimba ilmu, masa-masa kuliah ini pun dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk belajar memulai bisnis.

Saat ini, berbisnis sambil kuliah merupakan tren yang sedang digandrungi mahasiswa dan tentunya dapat memberikan pengaruh positif. Selain menambah uang saku, belajar berbisnis juga dapat menambah pengalaman yang bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan karir setelah lulus kuliah.

Telah banyak kampus yang ikut berperan aktif dalam mendukung kewirausahaan mahasiswa. Bahkan, Kemendikbudristek (Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) memiliki program baru yaitu Wirausaha Merdeka dimana program ini mendukung mahasiswa untuk berwirausaha dengan harapan dapat menghasilkan lulusan siap kerja dan berwirausaha sehingga dapat memperkecil angka pengangguran serta membuka lapangan pekerjaan.

Berikut ini beberapa ide bisnis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa

1. Online Shop

Tren berbelanja online belakangan ini sedang diminati oleh masyarakat, khususnya bagi mahasiswa. Hal tersebut dapat dijadikan peluang untuk menjual berbagai barang seperti perlengkapan kuliah, pakaian, aksesori, dsb. Terlebih lagi, ada banyak kemudahan dalam berjualan online seperti dapat menjadi reseller atau dropshipper ketika terkendala modal, melakukan sistem PO atau pre-order untuk meminimalisir kerugian, serta menggunakan berbagai media sosial atau e-commerce untuk memasarkan dan menjual produk.

2. Camilan

Source : https://assets.promediateknologi.com/crop/0x0:0x0/750×500/photo/kulinear/2021/06/175930819_527622035283347_2205787514594841706_n.jpg

Ngemil merupakan salah satu hal favorit yang dilakukan mahasiswa, baik ketika mengerjakan tugas, bersantai, maupun berkumpul bersama teman. Hal tersebut dapat menjadi peluang bisnis dengan menjual aneka camilan yang sedang diminati oleh mahasiswa, seperti aneka keripik yang memiliki cita rasa pedas. Untuk supplier-nya dapat melalui toko grosir atau marketplace yang kemudian dikemas ulang dalam berbagai ukuran sesuai dengan daya beli mahasiswa. Penjualannya dapat melalui media sosial atau menawarkan secara langsung.

3. Barang Bekas (Preloved)

Menggunakan barang bekas dewasa ini sedang diminati oleh anak-anak muda. Mulai dari pakaian, sepatu, hingga buku-buku bekas kini menjadi pilihan karena harga yang lebih terjangkau namun tetap berkualitas. Sebagai mahasiswa, tentu mereka ingin menghemat pengeluaran sehingga salah satu caranya yaitu dengan membeli barang bekas. Penjualannya sendiri dapat dilakukan melalui media sosial atau menawarkan secara langsung.

Demikian uraian ide bisnis bagi mahasiswa yang dapat menjadi referensi. Belajar berbisnis sejak mahasiswa memiliki banyak manfaat seperti menambah pengalaman, melatih kreatifitas, dan membantu kebutuhan finansial.

KhairunNisa

KhairunNisa

Tinggalkan Balasan