Analisis Strategi Bauran Pemasaran Penjualan Produk Sepatu Patrobas 1945

Gambar 1 Sepatu Patrobas 1945
Sumber https://www.instagram.com/p/ChW9hLtvA_z/

Sepatu dengan merek Patrobas adalah satu di antara merek sepatu yang terkenal di Indonesia. Merek sepatu Patrobas ini asli buatan anak negeri (local pride). Merek sepatu Patrobas banyak disukai oleh anak muda, dikarenakan merek sepatu yang dikeluarkan jumlahnya terbatas atau limited edition. Beberapa jenis sepatu yang jumlahnya terbatas biasanya diproduksi saat tanggal khusus.

Baru – baru ini merek sepatu Patrobas mengeluarkan dan menjual jenis sepatu yang terbatas. Merek sepatu tersebut diberi nama “Patrobas 1945”. Filosofi dari sepatu Patrobas 1945 adalah sepatu ini diproduksi untuk memperingati Hari Ulang Tahun Bangsa Indonesia yang ke-77. Desain sepatu ini terinspirasi dari koran yang beredar pada saat kemerdekaan yang memuat isi mengenai peristiwa kemerdekaan bangsa Indonesia.

Untuk meningkatkan volume penjualan produk sepatu Patrobas 1945 agar sesuai dengan target yang ingin dicapai, maka dilakukan analisis strategi bauran pemasaran sebagai berikut:

  • Target

Target pemasaran sepatu Patrobas 1945 diprioritaskan untuk anak–anak muda atau remaja yang sedang menempuh jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan perkuliahan yang ada di seluruh Indonesia. Hal itu dikarenakan, perusahaan sepatu Patrobas sejak awal target pemasarannya adalah anak-anak muda atau remaja. Meskipun sepatu Patrobas 1945 diproduksi dalam jumlah terbatas, hal itu tidak menutup kemungkinan sepatu ini memiliki daya tarik yang besar bagi anak–anak muda. Daya tarik yang besar itu muncul karena anak-anak muda akan merasa bangga bisa membeli dan memiliki sepatu tersebut.

  • Positioning

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, taraf hidup, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup, maka pasar permintaan sepatu sneakers lokal mengalami peningkatan. Kondisi ini mendorong tumbuhnya perusahaan-perusahaan untuk memproduksi sepatu sneakers. Besarnya permintaan pasar mendorong tumbuhnya industri sepatu lokal dengan merek seperti Specs, League, Tomkins, Patrobas, Compass. Pesaing yang muncul tidak hanya dari segi jenis sepatu saja, namun pesaing juga bisa muncul dari segi harga dan kualitas produk. Dari beberapa jenis pesaing sepatu, maka muncul suatu solusi yang bisa membuat sepatu Patrobas 1945 ini unggul dari segi harga dan kualitas. Beberapa keunggulan sepatu ini yaitu memiliki desain spesial bertemakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, sepatu ini diproduksi dengan menggunakan bahan–bahan terbaik dan dijual dengan harga yang terjangkau.

  • Product

Untuk bisa mengungguli produk–produk sepatu anak muda yang lain, maka sepatu ini diproduksi dengan kualitas dan kelebihan dari jenis sepatu yang lain. Sepatu ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sepatu–sepatu anak muda yang lain, seperti:

  • Sepatu ini memiliki desain khusus bertemakan kemerdekaan Indonesia.
  • Sepatu ini memiliki desain kemasan yang unik atau berbeda dengan kemasan sepatu yang dijual di pasaran.
  • Sepatu ini cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari (sekolah, kuliah)
  • Sepatu ini cocok dipadukan dengan berbagai stylish pakaian yang digunakan anak–anak muda (sekolah, kuliah)
  • Sepatu ini diproduksi dengan menggunakan bahan–bahan terbaik. Hal itu dikarenakan sepatu jenis ini diproduksi dengan jumlah yang terbatas.

Dari banyaknya kelebihan di atas dapat memberikan daya tarik yang begitu besar bagi anak–anak muda yang berminat membeli sepatu ini. Sepatu jenis Patrobas ini juga bisa memenuhi kemauan konsumen yang ingin memiliki sepatu yang keren dan limited edition.

  • Price (Harga)

Menentukan harga jual produk merupakan aspek yang sangat penting dalam strategi pemasaran. Hal itu dikarenakan bisa memengaruhi permintaan dan penjualan di pasar. Penentuan harga jual sepatu Patrobas 1945 juga bertujuan untuk mempertahankan dan memperbaiki market share, stabilitas harga, mencapai target pengembalian investasi dan yang paling utama adalah untuk mencapai laba maksimum. Dalam menentukan harga jual perlu memperhatikan dua aspek yaitu kemampuan membeli dan manfaat yang akan diperoleh oleh konsumen. Hal itu dikarenakan target pemasaran sepatu Patrobas 1945 ini anak–anak muda atau remaja, maka kemampuan untuk membeli harus diperhatikan. Harga jual sepatu Patrobas 1945 ini berkisar Rp190.000,00–Rp210.000,00. Harga tersebut merupakan harga yang terjangkau bagi anak-anak muda atau remaja.

  • Place (Tempat)

Sepatu Patrobas 1945 ini akan dijual atau didistribusikan di kota–kota besar yang sudah ada outlet perusahaan Patrobas. Selain itu sepatu ini dijual melalui marketplace dan media sosial. Dipilih marketplace dan media sosial dikarenakan untuk memberikan kemudahan konsumen yang ingin memiliki sepatu Patrobas 1945 ini.

  • Promotion

Untuk menjual dan memberikan informasi kepada konsumen, maka digunakan beberapa media untuk sarana promosi. Media yang digunakan untuk mempromosikan sepatu Patrobas 1945 adalah sebagai berikut :

  • Shopee

https://shopee.co.id/Sepatu-Patrobas-1945-Kemerdekaan-Indonesia-Low-High-Limited-Edition-Size-36-44-RETAILER-RESMI-PATROBAS-i.212360210.9497423724?sp_atk=a9e09cb2-77fb-4c64-a0e2-0ac2320146cd&xptdk=a9e09cb2-77fb-4c64-a0e2-0ac2320146cd

  • Tokopedia

https://www.tokopedia.com/shoenslipper/sepatu-patrobas-1945-edisi-merdeka-original-limited-low-36

  • Instagram

https://www.instagram.com/p/ChW9hLtvA_z/?utm_source=ig_web_copy_link

  • Youtube
Alvico Faudiansyah Sumanto

Alvico Faudiansyah Sumanto

Tinggalkan Balasan