Berikut Langkah – Langkah Menyunting Artikel di Kreasikarya.id

Dalam membuat atau menulis suatu artikel, tidak akan luput dari kesalahan menulis ataupun pengetikan. Penulisan artikel ini juga kadang kurang sempurna ataupun kurang sesuai dengan KBBI. Untuk membuat suatu artikel menjadi lebih sempurna, diperlukan penyuntingan oleh penulis ataupun editor.

Menyunting merupakan suatu kegiatan untuk memperbaiki karangan baik dari segi struktur kata, bahasa, tanda baca, struktur kalimat, maupun koherensi dari sebuah karangan. Penyuntingan dilakukan terhadap aspek kebahasaan yaitu ejaan, keefektifan kalimat, dan diksi.

Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk menyunting artikel pada platform online yaitu Kreasi Karya yaitu sebagai berikut :

  1. Membuat akun pada website Kreasikarya.id
Tampilan halaman daftar akun pada website Kreasikarya.id

Langkah pertama yaitu membuat akun baru pada website Kreasikarya.id dengan memasukan nama pengguna serta email aktif. Email berguna untuk melakukan verifikasi akun dan memasukan kata sandi yang diinginkan.

  1. Setelah membuat akun, tampilan akan langsung berpindah ke halaman login dimana diminta untuk memasukan nama pengguna atau email serta kata sandi yang sebelumnya telah didaftarkan.
Tampilan halaman login
  1. Setelah berhasil login, akan terlihat semua artikel yang dimuat oleh penulis lain pada halaman pos.
Tampilan seluruh artikel

Untuk dapat menyunting salah satu artikel yang diinginkan, pilih menu sunting seperti yang terlihat pada gambar diatas.

  1. Setelah memilih menu sunting akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini.
Tampilan halaman sunting artikel

Setelah muncul halaman seperti gambar diatas, editor bebas untuk menyunting hal – hal yang masih belum sesuai pada artikel seperti segi struktur kata, bahasa, tanda baca, struktur kalimat, koherensi dan lain sebagainya. Editor juga dapat mengganti atau menambahkan permalink, kategori, tag, gambar andalan, kutipan, diskusi, visibilitas, tanggal terbit, nama penulis, serta menghapus artikel.

  1. Setelah selesai melakukan penyuntingan pada artikel, untuk menyimpan hasil suntingan yang telah dibuat dapat dilakukan dengan memilih menu perbarui seperti gambar dibawah.
Menu perbarui untuk menyimpan hasil suntingan
  1. Setelah diperbarui, akan muncul pemberitahuan pada pojok kiri bawah layar dan penyuntingan telah selesai dilakukan.
Tampilan pemberitahuan

Demikian langkah – langkah menyunting artikel pada platform Kreasikarya.id. Dengan dibuatnya artikel ini diharapkan dapat membantu para penulis serta editor yang ingin menyunting karyanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Wahyu Aristya

Wahyu Aristya

Tinggalkan Balasan