4 Skill yang harus dimiliki oleh job seeker dalam dunia kerja saat ini

Dalam memasuki dunia kerja tidak hanya berbekal ilmu yang kita pelajari di dunia perkuliahan saja tetapi membutuhkan beberapa skill khusus yang harus dikuasai sebelum masuk ke dunia kerja. Kira-kira apa saja ya skill yang harus dimiliki dalam dunia kerja? Ini dia jawabannya!

1. Komunikasi

Kenapa skill komunikasi ini sangat penting? Karena dalam memasuki dunia kerja diharuskan untuk berkoordinasi ataupun berkomunikasi dengan baik sesama divisi maupun luar divisi, pihak eksternal, dll. Demi terjadinya keselarasan dan harmoni dibutuhkannya komunikasi yang efektif dan terhindari dari adanya miss communication. Komunikasi tidak hanya kemampuan berbicara saja melainkan kemampuan dalam mendengar, menulis, mempengaruhi orang, negosiasi dan empati. Dengan adanya keterampilan komunikasi yang baik dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan. Dalam meningkatkan kemampuan skill ini, dapat kamu pelajari secara otodidak sehingga kamu bisa bebas dalam mempersiapkan pembelajaran lewat media apapun.

2.  Manajemen Kepemimpinan

Manajemen kepemimpinan merupakan pengelolaan kemampuan kepemimpinan kita sebagai pekerja dalam suatu tim maupun individu. Skill ini diharuskan dimiliki oleh seorang pekerja, contohnya dalam kemampuan manajerial. Ketika pekerja membuat perencanaan kegiatan kerja seperti plan, do, check dan act. Kemudian dalam pengambilan keputusan, problem solving, bertanggung jawab dan pandai menempatkan diri.

3. Kreatif & Inovatif

Skill ini merupakan skill yang wajib untuk dimiliki oleh seorang pekerja karena dengan adanya kemampuan berpikir yang out of the box atau unik dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam pekerjaan. Skill kreatif & inovatif yang dimaksud ini adalah kemampuan kita dalam mengkonsepkan suatu ide, kemampuan desain dan visual, kemampuan berinovasi dan rasa ingin tahu

4. Teknologi

Seiring perkembangannya zaman teknologi saat ini semakin canggih. Oleh karena itu, dalam dunia kerja teknologi ini berperan dalam meningkatkan efisien dan efektivitas dari sebuah pekerjaan. Untuk itu para pekerja hendaklah memahami teknologi saat ini sesuai dengan bidang yang diminati contohnya memahami penggunaan software seperti Microsoft office, memahami bahasa pemrograman dan kemampuan data analytic.

Demikian rangkuman singkat mengenai skill yang harus dimiliki dalam memasuki dunia kerja. Untuk itu, kamu harus mengasah beberapa skill di atas agar peluang diterima kerja semakin tinggi ya. Semoga bermanfaat😊

arina

arina

Tinggalkan Balasan