Tutorial Menyunting Artikel  Pada Website Kreasikarya.id

Jika kita seorang penulis, tentu menyunting sebuah karangan atau tulisan sudah sering kita lakukan sebelum karangan atau tulisan kita benar-benar diterbitkan. Nah, bagi kamu yang masih dalam tahap belajar menulis, sudah kah kamu mengusai bagaimana teknik menyunting karangan dengan baik. Jika belum, simak yuk ulasan tentang menyunting karangan, mulai dari pengertian hingga bagaimana cara menyunting karangan di bawah ini.

Langkah 1

Jangan lupa login/ daftar ke kreasikarya.id/wp-admin.lalu anda dapat menuliskan nama pengguna dan kata sandi wordpress.

Langkah 2

Masuk kehalaman dashbor pada wordpress disana ada pilihan seperti gambar dibawah ini.jika telah menemukan artikel yang mana akan di sunting maka lakukan penyuntinganb seperti unsur sebagai berikut:

Ejaan 

Biasanya ketika penyunting (orang yang menyunting) akan meneliti teks tersebut apakah sudah sesuai dengan aturan ejaan yang telah disempurnakan atau tidak, jika tidak maka harus disesuaikan.(penulisan huruf kapital, penulisan huruf cetak miring), penulisan kata (kata dasar, kata bentukan, kata ulang, gabungan kata, kata ganti, kata depan, partikel, singkatan, akronim), penulisan angka dan lambang bilangan, penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca.

Tanda Baca

Kesalahan dalam menulis karangan sering dilakukan oleh penulis ,Penggunaan tanda baca seperti tanda titik (.), tanda koma (,) daln lain-lain haruslah diperhatikan, sehingga perlu diperbaiki Supaya pembaca dapat  memahami maksud tulisan kita dengan cepat.

Kalimat

Dalam menulis haruslah juga memperhatikan penggunaan struktur kalimatnya, yaitu S-P-O-K atau lainnya. Hal itu dikerenakan untuk memperjelas siapa yang menjelaskan dan apa atau siapa yang dibicarakan. Selain itu juga perlu diperhatikan kelogisan, kepaduan, kehematan dan keefektifan sebuah kalimat.

Menyunting Kepaduan Paragraf

Dalam menyunting suatu paragraf ,sebaiknya kamu melihat kembali tulisan dan kata-katanya apakah sesuai atau tidak,Padu atau tidaknya sebuah paragraf dapat disebabkan oleh ada atau tidaknya kalimat yang tidak diperlukan atau kalimat sumbang yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan paragraf.

Setelah merasa yakin anda dapat mengeklik tombol “perbaharui” yang ada di sudut kanan atas pada website dan artikel anda  telah di perbarui secara otomatis.

Ladyka febby olivia

Ladyka febby olivia

Tinggalkan Balasan