4 Keahlian yang harus Dimiliki oleh Pencari Kerja dalam Dunia Kerja saat ini.(edit)

Dalam memasuki dunia kerja tidak hanya berbekal ilmu yang kita pelajari di dunia perkuliahan saja tetapi membutuhkan beberapa keahlian khusus yang harus dikuasai sebelum masuk ke dunia kerja. Kira-kira apa saja keahlian yang harus dimiliki dalam dunia kerja? Ini dia jawabannya!

1. Komunikasi

Kenapa keahlian komunikasi sangat penting? Karena dalam memasuki dunia kerja diperlukan adanya koordinasi ataupun kolaborasi dengan baik sesama pihak internal maupun pihak eksternal. Demi terjadinya keselarasan dan harmoni dibutuhkannya komunikasi yang efektif dan terhindar dari adanya miskomunikasi. Keahlian komunikasi tidak hanya kemampuan berbicara saja melainkan kemampuan dalam mendengar, menulis, mempengaruhi orang, negosiasi dan empati. Dengan adanya keterampilan komunikasi yang baik dapat membantu kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mudah. Dalam meningkatkan kemampuan keahlian ini, kita dapat mempelajarinya secara otodidak sehingga bisa bebas memilih pembelajaran lewat media apapun.

2.  Manajemen Kepemimpinan

Manajemen kepemimpinan merupakan pengelolaan kemampuan kepemimpinan kita sebagai pekerja dalam suatu tim maupun individu. Keahlian ini harus dimiliki oleh seorang pekerja, contohnya dalam kemampuan manajerial. Ketika pekerja membuat perencanaan kegiatan kerja seperti plan, do, check dan act. Kemudian dalam pengambilan keputusan, memecahkan suatu masalah, bertanggung jawab dan pandai menempatkan diri.

3. Kreatif & Inovatif

Keahlian ini merupakan keahlian yang wajib untuk dimiliki oleh seorang pekerja karena dengan adanya kemampuan berpikir yang out of the box atau unik dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam pekerjaan. Keahlian kreatif & inovatif yang dimaksud ini adalah kemampuan kita dalam mengkonsepkan suatu ide, kemampuan desain dan visual, kemampuan berinovasi dan rasa ingin tahu

4. Teknologi

Seiring perkembangannya zaman teknologi saat ini semakin canggih. Oleh karena itu, dalam dunia kerja teknologi ini berperan dalam meningkatkan efisien dan efektivitas dari sebuah pekerjaan. Untuk itu para pekerja hendaklah memahami teknologi saat ini sesuai dengan bidang yang diminati contohnya memahami penggunaan software seperti microsoft office, memahami bahasa pemrograman dan kemampuan menganalisis data.

Demikian rangkuman singkat mengenai keahlian yang harus dimiliki dalam memasuki dunia kerja. Semoga kita dapat mengasah beberapa keahlian di atas agar peluang diterima kerja semakin tinggi.

arina

arina

Tinggalkan Balasan