Microsoft Luncurkan Update Windows 11 Insider Preview Build 26052

Windows 11

Jakarta, 2 April 2024 — Microsoft hari ini mengumumkan peluncuran Windows 11 Insider Preview Build 26052 untuk saluran Canary dan Dev, sebuah langkah maju yang menjanjikan dalam pengembangan sistem operasi yang terus berinovasi.Dengan update ini, pengguna di saluran Canary akan menerima Build 26052.1000 sementara mereka di saluran Dev akan menerima Build 26052.1100 (KB5035384), sebagai bagian dari pengujian pengiriman build penuh dan pembaruan layanan secara bersamaan.

Dilansir dari laman resmi Microsoft, pembaruan ini membawa serangkaian fitur baru yang menarik, termasuk penghemat energi, pengaturan cepat yang dapat digulir, kode QR untuk berbagi Wi-Fi, dukungan untuk membuat arsip 7-zip dan TAR selain ZIP di File Explorer, mode cetak terlindungi Windows, kejernihan suara, serta perubahan protokol Server Message Block (SMB) terkini dan peningkatan pada Windows Local Administrator Password Solution (LAPS). Selain itu, terdapat peningkatan di berbagai pengaturan dan untuk Bluetooth serta Grafis.

Selain itu, Microsoft juga mengenalkan ‘Sudo for Windows’ yang membuat pengguna kini memiliki cara baru namun familiar untuk meningkatkan proses langsung dari baris perintah CMD. Fitur ini dapat dikonfigurasi untuk berjalan dalam tiga mode berbeda, memberikan fleksibilitas lebih kepada pengguna dalam mengelola keamanan sistem mereka.

Penting untuk dicatat bahwa aplikasi seperti Tips dan WordPad akan dihapus setelah pembaruan ke build ini. Selain itu, beberapa permainan populer mungkin tidak berfungsi dengan benar atau crash saat diluncurkan pada build ini. Namun, seiring waktu, Microsoft mengharapkan pengalaman ini akan membaik seiring perbaikan bug.

Kesempatan bagi Insiders di saluran Canary untuk beralih ke saluran Dev terbuka selama kedua saluran tersebut menerima build yang sama. Namun, ini hanya bersifat sementara. Pada titik tertentu di masa depan, saluran Canary akan melompat ke nomor build yang lebih tinggi dan kesempatan untuk beralih saluran tertutup. Oleh karena itu, bagi para Insiders yang ingin melakukan perubahan saluran, sekarang adalah waktu yang tepat.

Microsoft berkomitmen untuk terus mendengarkan umpan balik dari komunitas Insider dan mengintegrasikan saran-saran tersebut ke dalam pengembangan Windows 11, memastikan bahwa sistem operasi ini tidak hanya memenuhi tetapi juga melebihi ekspektasi pengguna di masa depan.

Okki Dwi Riantono

Okki Dwi Riantono

Tinggalkan Balasan